Selasa, 08 Juli 2014

Opini: antara nyesel dan nerima keadaan.

Sebenernya, apa itu move on?
Buat gue pribadi move on itu keadaan dimana lu udah maafin semua salah dan bisa ngilangin sakit yang dikasih sama dia. Dan mungkin move on juga berarti keadaan dimana lu udah bisa nginget dia tanpa ngeluarin air mata dan ngerelain semua yang pernah terjadi diantara lu dan dia.

Selama ini gue rasa gue terlalu mengikatkan diri sama apa yang pernah terjadi. Jujur gue emang tipe orang yang suka main sama kenangan. Tapi baru sekarang gue mulai ngerti gimana harusnya main sama kenangan itu sendiri.  Banyak yang bilang jangan inget-inget masa lalu. Gue ga setuju sama pernyataan itu karena buat gue kenangan ada buat dijadiin pelajaran. Masa lalu ada buat dipelajarin, diinget dan dikenang. Karena masa lalu itu ada sebagai bagian dari sejarah hidup kita sendiri yang harus diakuin. 

Emang, buat nerima kenyataan yang ga sesuai kenginan itu rada susah. Apalagi nerima kalo dia yang tadinya bikin kenangan sama lu, sekarang cuma jadi orang yang menjadi bagian dari kenangan itu sendiri. Sedih iya, sakit iya. Tapi segala sesuatu itu pasti ada akhirnya. Dan yang namanya akhir, ga semuanya indah. Karena ini adalah dunia nyata, bukan fairytale atau disney. Yang lebih bahaya adalah, ketika lu nolak untuk nerima kenyataan. Lu nyesel sama apa yang harusnya terjadi dan apa yang harusnya ga terjadi. Dan lu ga berusaha buat ngeliat apa yang terjadi dari sudut pandang yang lain. 

Segala sesuatunya bakal jadi jauh lebih mudah ketika lu memilih untuk menerima keadaan. Cukup nikmatin masa sekarang dan belajar nerima apa yang udah dan sedang terjadi. Sesimpel itu. Dan rasanya, ga aneh kalo selama proses nerima keadaan itu ada rasa kangen.Namanya juga masih proses belajar, pelan-pelan gapapa asal selamat. 

Dan gue punya beberapa tips indah (re: ngarang) biar ga nyesel sama sesuatu:
1) Nerima keadaan
gue udah bilang kan kalo nerima keadaan itu kunci utamanya? Iya, cukup nerima. Tapi ketika menurut lu keadaan ini harusnya bisa diubah jadi lebih baik lagi, lakuin itu. Usaha maksimal dan coba buat ngerubah keadaan itu jadi lebih wow sesuai dengan kemauan dan kemampuan lu. 

2) Usaha maksimal sama apa yang sedang diperjuangin.
Nyambung dari poin satu tadi nih. Lu lagi merjuangin apa? Cewek/cowok? Mimpi? Keadilan? Lakuin semuanya mati-matian. Jangan pernah mau kalah sama keadaan. Ketika lu udah yakin sama sesuatu yang menurut lu bener dan lu yakinin bener, perjuangin. Usahain semuanya buat itu. 

3) Ucapkan apa yang mau diucapkan, lakukan apa yang mau dilakukan
Bukan berarti lu bebas ngelakuin semuanya. Maksudnya adalah ketika menurut lu itu bener dan lu yakinin bener ya silahkan. Banyak banget yang nyesel di bagian ini karena rata-rata orang milih buat diem dan memendam -- terutama cewek. Ada pepatah yang bilang, "10 atau 20 tahun lagi, Anda akan lebih menyesali hal yang Anda tidak lakukan daripada hal yang Anda pernah lakukan di masa lampau." Jadi, silahkan ngomong apa yang harusnya diomongin sama orang itu demi baik buat lu dan silahkan lakuin apa yang seorang pejuang biasanya lakukan.

Nah, sekian tips indahnya (re: ngarangnya). Mau protes silahkan mention karena penulis menerima kritikan dengan senang hati. Selamat menghindari penyesalan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar